Rabu, 09 September 2015

Mengistall Widget/Extension Yii2


Kali ini kita akan memasang Widget atau Extension pada projek yii2 kita. Soalnya, kalau hanya mengandalkan yii2 tanpa widget atau extension itu 'rasanya ada yang kurang gitu...'. Tapi tetap saja, harus sesuai dengan keperluan projek kita. Baiklah, kita mulai saja.

Buka terminal dan buka folder projek kita.

cd /opt/lampp/htdocs/advanced

Lalu install Composer dengan mengetikkan perintah:

curl -sS https://getcomposer.org/installer | php

Composer kita perlukan untuk memasang widget atau extension yii2. Jangan lupa pastikan komputer atau laptop kita tersambung dengan internet.

Jika Curl belum terpasang, silahkan install Curl dengan mengetikkan perintah:

sudo apt-get install curl

Jika composer terpasang, pada folder advanced (projek kita) akan mucul file dengan nama "composer.phar". Kemudian kita lanjutkan dengan menginstall extension yang kita butuhkan. Misalnya, kita akan memasang extension "date time picker". Maka kita buka dulu situs resmi yii.

Lalu tekan tulisan extension yang ada di atas (tulisannya kecil). Akan muncul halaman yang menampilkan berbagai extension.


Karena kita akan mencari extension "date time picker", jadi kita masukkan kata kunci "date time picker yii2" dan tekan find.


Setelah halaman hasil pencarian sudah terlihat, pilih dan klik salah satu extension yang menurut kita cocok.


Nanti akan muncul halaman extension tersebut. Dan di sana sudah tertulis dengan jelas perintah apa yang digunakan untuk menginstall extension tersebut.



Pada halaman yang saya pilih, cara memasang extension date time picker adalah dengan memasukkan perintah berikut pada terminal:

php composer.phar require "2amigos/ yii2-date-time-picker-widget" "*"

Setelah itu tekan enter dan tunggu sampai proses instalasi extension ke projek kita selesai.

Bagaimana cara penggunaan widget yang telah kita pasang itu? Silahkan lihat halaman widget / extension tersebut pada situs yii.

Misalnya, pada extension yang baru saja kita pasang, cara penggunaannya adalah sebagai berikut :




Untuk lebih jelasnya mengenai cara penggunaan dan pengaturan widget atau extension tersebut, silahkan buka situs resmi widget tersebut dan baca dokumentasinya. Saya yakin kita semua bisa jika mau membaca dan berusaha.



Silahkan ber-experiment-ria dan semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar