Senin, 12 Oktober 2015

Mempercantik Apache Directory Listing dengan Apaxy

Selamat sore... Hari ini kita akan memoles apache directory listing dengan Apaxy. Apache direcroty listing? Apaxy? Apaan tuh?

Apache directory listing itu... kalau menurut saya, bagaimana localhost (apache) menampilkan data yang ada pada suatu direktory. Coba lihat gambar berikut:


Itu adalah direktory yang diakses menggunakan localhost. Nah, hari ini kita akan memoles tampilan tersebut agar lebih enak dilihat. Jika ada yang bertanya, untuk apa kita melakukannya? Maka, jawaban saya adalah agar lebih enak dilihat saja. Jika anda pernah ke repo http://kambing.ui.ac.id/fedora/, tentu tampilan directory list-nya tidak seperti gambar di atas bukan?

Lalu apa itu Apaxy? Apaxy adalah theme yang akan kita gunakan untuk memoles tampilannya. Untuk mengunduhnya, silahkan kunjungi websitenya di http://adamwhitcroft.com/apaxy/, bisa juga dengan mengunjungi halamannya di github dengan link https://github.com/AdamWhitcroft/Apaxy.

Baiklah, sekarang kita mulai proses pemolesan apache directory listing.

1. Download Apaxy pada link di atas.

2. Ekstrak, dan pindah file yang ada di dalam folder apaxy ke localhost.

3. Pastikan mod_rewrite sudah aktif, karena kita akan menggunakan .htaccess. Jika belum, silahkan ikuti tutorial berikut untuk mengaktifkan .htaccess.

4. Rename file htaccess.txt menjadi .htaccess

5. Lalu edit file .htaccess tersebut, tapi yang paling penting adalah ganti {FOLDERNAME} dengan direktory alamat direktory kita. Berhubung, kita memindahkan folder theme dan file htaccess langsung ke localhost, maka hapus saja /{FOLDERNAME}.

6. Restart apache kita. Lalu cek, dengan mengakses direktory yang ada di localhost.

Note: Kita bisa menambahkan dan memodifikasi tampilah tersebut dengan memodifikasi file header.html, footer.html, dan style.css. Contoh yang sudah sedikit saya modifikasi adalah:
Begitulah... Bila ada pertanyaan, silahkan isi komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar