Kamis, 08 Oktober 2015

Mengenal dan Menginstall CMS Wordpress

Selamat pagi...

CMS Wordpress. Siapa sih yang tidak kenal dengan cms yang satu ini? Saya kutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).[4] Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya[4]. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.[5] Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg[5]. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya [6].
Rilis terbaru WordPress adalah versi 4.1.1 (18 Februari 2015). WordPress didistribusikan dengan Lisensi Publik Umum GNU.[3]
Salah satu kelebihan cms wordpress adalah adanya plugin yang bejibun. Dengan memanfaatkan plugin-lugin tersebut, seseorang yang tidak mengerti bahasa pemrograman web mampu membuat sebuah website. Baiklah, bagaimana penginstalan wordpress?

1. Download cmd wordpress dari https://wordpress.org/

2. Ekstrak file download tadi dan pindah hasil ekstraknya ke folder /var/www atau /htdocs/, sesuai yang kita gunakan.

3. Setelah itu, buka browser dan ketikkan pada url http://localhost/wordpress. Maka akan tampil seperti ini:

4. Pilih Bahasa yang akan kita gunakan, di sini saya pilih English. Kemudian klik continue.

5. Klik Let's Go
6. Buat database pada phpmyadmin, di sini saya telah membuat database dengan nama "w".
Isi username dan password dengan username dan password pada phpmyadmin kita. Database host kita isi localhost saja. Table prefix bisa kita ganti bila kita menggunakan satu database untuk beberapa wordpress. Lalu klik Submit.
7. Klik Run the Install
8. Isi data yang diminta, mulai dari judul website, username, password, dan email. Username dan password yang anda masukkan akan digunakan untuk login ke halaman admin. Klik Install Wordpress.
9. Setelah selesai, klik Log In.
10. Masukkan username dan password, lalu login
11. Kemudian anda akan terdirect menuju halaman admin.




Selesai di sini instalasi wordpress. Bila ada pertanyaan, silahkan berkomentar.

1 komentar: