Sabtu, 29 Agustus 2015

Dasar YII2 : Obrak Abrik LayOut

Kemarin kita sudah bisa menginstall YII 2 hingga bisa :






Kali ini, kita akan mengubah tampilan index dan juga menunya. Karena kalau kita membuka index.php yang ada di folder web, kita tidak kan ngerti itu apa terus munculnya apa.

Hal pertama yang perlu kita ketahui bersama adalah, jangan terjebak dengan url. Script atau kode yang mempengaruhi index itu berada pada folder site yang bernama index.php. Tidak hanya itu, tampilan About, Contact dan juga Login juga berada pada folder site.

Baiklah, pertama-tama kita akan mengubah sedikit tampilan index. $this->title = 'My Yii Application' ini untuk judul atau title. Coba kita rubah menjadi $this->title = 'Ini Judul'; maka judulnya akan berubah.



Lalu <h1>Congratulations!</h1> kita ubah menjadi <h1>Selamat!</h1> sehingga menjadi seperti ini.




Objek lainnya dapat kalian otak-atik atau gonta-ganti sesuai dengan keinginan kalian. Baik itu index, about, contact, ataupun login. Silahkan berkreasi. Jika kalian tidak mengerti dengan class-class yang digunakan, silahkan belajar bootstrap. Karena class yang digunakan di sana merupakan class bootstrap. Jika kalian sudah menguasai bootstrap, akan lebih mudah kalian untuk mengeditnya.
tasinya.

Oh, iya. Jika anda memang tertarik dengan YII, saya sarankan membaca dokumentasinya di http://www.yiiframework.com/doc-2.0/guide-README.html

Kita sudah bisa merubah halaman-halamannya sesuai dengan keinginan kita nih. Tapi, header sama footernya kok gak ada ya? Kira-kira anda tahu di mana letak file yang berpengaruh pada header dan footer? Yup! Yaitu ada pada file main.php yang ada di folder layout.

Saya tidak akan memandu anda tentang apa saja yang bisa diedit, akan tetapi akan saya perlihatkan hasil editan saya.




Jangan takut denga error. Ketika mengubah, simpan dan lihat. Jika error tinggal di Ctrl+Z saja kan?

Selamat berkreasi...

2 komentar:

  1. Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan gadai bpkb mobil dan pembiayaan kredit mobil bekas dp rendah serta cicilan terjangkau untuk seluruh wilayah di Indonesia.

    Info selengkapnya, silahkan kunjungi : https://www.kreditpinjamandana.com/

    BalasHapus
  2. There malaysia register are certainly scr888 game malaysia a lot scr888 android and ios download of details scr888 918kiss like that to take into consideration scr888 download 2019 Like your Posts.Thanks Keep Posting.

    BalasHapus