Selasa, 18 Agustus 2015

Membuat CSS Framework Sendiri

 Pernahkah terpikirkan dalam benak kalian untuk membuat sebuah css framework sendiri? Sayang sekali jika anda tidak pernah berpikir untuk membuatnya, karena saya ketika pertama kali bertemu dengannya langsung ingin membuat versi saya sendiri. Tentu saja itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tapi, bukan pula hal yang mustahil untuk anda dan saya lakukan.
Keinginan untuk membuat css framework semakin kuat ketika saya mengenal yang namanya w3.css. Kalau mau buat css framework sekelas bo*tstrap, saya rasa terlalu banyak kodenya (dan mungkin lumayan rumit). Tapi kalau yang mirip-mirip sama w3.css mungkin bisa.

Konsep dari css framework yang akan kita buat ini hanya pemanggilan class, itu saja. Berhubung sebuah elemen html bisa memanggil lebih dari satu class. Silahkan pelajari w3.css atau pahami pemanggilan class di html. Karena di sini, saya tidak akan menjelaskan secara rinci pembuatan css framework akan tetapi hanya memberikan tips dan masukan yang mungkin saja berguna.

Yang anda perlukan untuk membuat css framework adalah :
  1. Pemahaman tentang css yang memadahi

     Ini sangat penting, karena jika kalian tidak paham css maka kemungkinan besar css framework yang akan kalian buat tidak akan pernah selesai. Namanya juga css framework, jadi ya harus ngerti css dulu. Mulai dari selector sampai transisi dan animasi css. Tapi yah, kembali lagi kepada diri kalian sendiri.
  2. Tentukan apa saja kemampuan css framework yang akan kalian buat

     Kalau mau buat css framework, tentu harus ada kemampuan dari framework tersebut yang bisa memudahkan kita untuk membuat tampilan website bukan? Seperti warna, bentuk, responsif, transisi dan animasi, dll. Penentuan kemampuan framework ini akan menjadi acuan ketika kalian mulai ngoding css framework yang kalian buat. Untuk awal-awal, jangan terlalu WOW dulu. Sesuai kemampuan yang sudah ada saja.
  3. Mulai dari yang sederhana

    Ketika membuat css framework, mulailah dari yang paling sederhana. Seperti warna, margin, padding, atau font. Barulah secara bertahap, selesaikan bagian yang sulit.
Itu saja dahulu. Yang paling penting dari "make something" adalah ulet dan tekun plus kerja keras.
Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar ... Jangan malu. Karena saya yakin, ia tertutupi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar