Senin, 21 September 2015

Edit Tampilan Hotspot Mikrotik dengan FileZilla

Hari ini kita akan mengedit halaman login mikrotik menggunakan FileZilla. Tadi, ada temen yang buat halaman login mikrotik. Tapi setelah dipasang, malah tidak bisa dibuat login. Kebetulan, waktu itu saya sedang mencoba mengedit halaman status pada mikrotik sehingga akhirnya masalah tersebut bisa diselesaikan dengan memperbaiki script pada halaman login tersebut. Baiklah...

Pertama, untuk mengedit tampilan login mikrotik alat yang kita perlukan adalah
1. FileZilla, sebagai pengunduh file pada server.
2. Teks Editor untuk mengedit script halaman login tersebut.
3. Koneksi, maksudnya sih perangkat yang kita gunakan terhubung dengan hotspot.
4. Username dan Password admin mikrotik. Ini adalah username dan password yang biasa kita gunakan untuk masuk jaringan lewat winbox.

Setelah kita memiliki semua keperluan tersebut. Maka:

1. Buka aplikasi FileZilla kemudian masukkan nama atau ip hotspot berikut dengan username dan password untuk mengakses server. Lalu klik Quickconnect. Jika berhasil, maka akan tampilannya kurang lebih seperti berikut.
Jika tidak berhasil, berarti ada kesalahan entah nama atau ip host-nya, username, atau password yang kita gunakan.

2. Cari file yang akan kita edit. Biasanya file login, logout, status, dll berada pada folder hotspot. Tetapi, bisa juga file yang digunakan pada hotspot berada pada folder lain. Ingat di folder apa kita mengupload file untuk login ya. Contohnya di sini, file yang digunakan ada pada folder mikrotik.
3. Pilih login.html, klik kanan dan pilih View/Edit

4. Nanti kita akan terdirect ke sebuah halaman yang berantakan. Halaman itulah halaman loginnya.
5. Kita perhatikan url-nya. Di atas, filenya berada pada folder /tmp/fz3tmp-1/. Silahkan edit file yang dimaksud pada folder tersebut sesuai dengan kebutuhan.

6. Jika sudah selesai diedit, maka tinggal save dan kembali ke FileZilla. Nanti akan ada notifikasi kurang lebih seperti berikut:
7. Klik Yes, lalu lihat perubahannya pada halaman yang tadi kita ubah.

Sekian dan terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar