Jumat, 18 September 2015

Hal-hal yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall Windows

Apa saja yang dilakukan setelah menginstall windows di laptop/netbook?

Bagi orang yang baru pertama kali menginstall windows mungkin akan bingung tentang apa yang harus mereka lakukan setelah itu. Walaupun sebenarnya, ada banyak pilihan tentang hal-hal yang harus mereka lakukan. Di sini,  saya akan menyampaikan hal-hal apa saja yang harus kita lakukan setelah menginstall windows entah pada laptop ataupun netbook kita.

1. Install antivirus terpercaya.

Mengapa kita harus menginstall antivirus sebelum aplikasi yang lain? Jawabannya adalah bahwa belum tentu aplikasi yang akan kita install terbebas dari virus ataupun malware. Tapi, ini opsional saja. Jika anda percaya aplikasi yang anda miliki bebas virus, anda tidak harus menginstall antivirus diawal.

Namun bila alasan anda untuk menginstall ulang windows adalah karena virus, maka saya sangat merekomendasikan hal ini.

2. Install driver yang dibutuhkan oleh laptop kita.

Biasanya, sudah tersedia cd atau dvd yang berisi driver yang dibutuhkan oleh laptop kita pada saat baru membeli laptop. Bila tidak ada, silahkan cari saja di internet. Tidak semua driver yang ada di dalam cd atau dvd tersebut harus kita install. Tapi, opsional sesuai dengan kebutuhan hardware yang tersedia. Lagi pula, ada beberapa driver yang fungsinya sama akan tetapi yang berbeda hanyalah merk driver tersebut.
Contohnya, ketika saya menginstall ulang netbook saya (ACER AOD207) driver yang saya install hanyalah:

  • HON HAI Wireless LAN 3rd WiFi 1x1 BGN Broadcom 4313 IPA (driver untuk wifi)
  • Intel AHCI
  • Intel NB Chipset NM10 (driver untuk colokan usb dan yang lain)
  • Intel VGA Chip UMA (driver untuk vga atau tampilan)
  • Realtek Audio Codec ALC271X_VB3 (driver untuk audio)
  • Realtek Card Reader Chip RTS5209 (driver untuk card reader)
  • Realtek Lan RTL8105TA (driver untuk ethernet atau lan)
  • Synaptics Touchpad (driver untuk touchpad)

Karena menurut saya, itu sudah cukup. Bisa saja anda mengistall lebih dari itu atau kurang dari itu.

3. Install software Office.

Entah sofware office berbayar seperti Microsoft Office ataupun yang open source seperti Open Office, terserah pilihan anda. Yang paling penting terdapat software pengolah kata, software pengolah angka dan software untuk presentasi. Minimal, kita harus memiliki 3 hal tersebut untuk kebutuhan office sehari-hari.

4. Install software pendukung lainnya.

Bila laptop atau netbook anda memiliki web camera, silahkan install software yang sesuai dengan web camera anda, seperti webcam max.

Bila anda memiliki file pdf, silahkan install software pembaca pdf seperti adobe reader atau foxit reader.

Bila anda kurang suka dengan browser internet explorer, silahkan install browser kesukaan anda. mungkin google chrome, atau firefox.

Bila anda memiliki file kompress seperti .rar, .7z dan sebagainya. Silahkan install software untuk meng-kompress file dan membuka file yang telah dikompress seperti winrar atau ‬7zip.

Bila anda kurang suka dengan Windows Media Player, anda bisa menginstall software pemutar video seperti VLC atau Media Player Classic. Anda juga bisa menginstall software pemutar audio seperti winamp.

Sesuaikan antara kebutuhan dan software yang anda install. Saya sarankan, tidak usah menginstall software yang tidak kita mengerti fungsinya, kecuali software itu memang anda perlukan.

Sekian dan semoga berguna bagi kita semua (khususnya saya sendiri).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar