Senin, 14 September 2015

Mendownload File Dengan Terminal

Terminal di linux itu seba guna. Kenapa saya bilang serba guna? Karena hanya dengan terminal saja kita sudah bisa melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan aktifitas sehari-hari saya. Tentu saja tidak semua hal. Meski begitu, saya tetap mempreriotaskan penggunaan terminal jika saya mendownload sesuatu. Padahal, ada berbagai software berbasis GUI yang menawarkan jasa mendownload. Alasannya simpel saja, mendownload menggunakan terminal lebih ringan dan meski koneksi terputus saya masih bisa melanjutkan proses download saya di lain waktu tanpa takut filenya corrupt.

Kita sudahi opini saya. Pada terminal, kita bisa menggunakan wget untuk mendownload file. Kebetulan, wget sudah tersedia di terminal secara otomatis. Jadi, tidak perlu mendownload ataupun menginstallnya.

Lalu, bagaimana kita mendownload file menggunakan wget? Mudah saja, cukup masukkan perintah:

wget URL

contohnya saja saya mendownload tinymce:

wget http://download.moxiecode.com/tinymce/tinymce_4.2.5.zip

Saya sarankan, kita pindah dulu ke direktori tempat kita ingin meletakkan file yang akan kita download. Kalau kita baru membuka terminal dan mendownload dengan wget, maka file yang kita download terletak di folder home. Biasanya saya pindah dulu ke folder Downloads

cd Downloads

agar file yang saya download tersimpan di folder Downloads.

Kembali ke wget. Sayangnya, dengan perintah "wget URL", jika tiba-tiba koneksi terputus maka kita harus mendownload dari awal dengan mengulang perintah tersebut. Tapi tenang saja, kita bisa menambahkan opsi -c sebelum url untuk mengatasi hal tersebut. Sehingga perintahnhya menjadi:

wget -c http://download.moxiecode.com/tinymce/tinymce_4.2.5.zip

dengan begitu meski koneksi terputus untuk sementara, wget akan terus mencoba untuk terus melanjutkan proses download. Jika koneksi sudah tersambung lagi, maka wget bisa melanjutkan proses download sampai selesai.

Bagaimana jika kita ingin mengubah nama file yang kita download? Kita tinggal menambahkan opsi -O sesudah url sehingga:

wget http://download.moxiecode.com/tinymce/tinymce_4.2.5.zip -O tinymce.zip

Bagaimana jika kita ingin mendownload file secara berurutan? Kita perlu meletakkan url yang ingin kita download ke dalam sebuah file, katakan list_download.txt, maka kita tinggal tambahkan opsi -i atau jika digabung dengan -c menjadi -ci.

wget -ci list_download.txt

jangan lupa juga, tiap satu baris maksimal satu url. Kita tidak boleh menggabungkan beberapa url kita menjadi satu baris.

Bagaimana jika kita ingin membatasi penggunaan bandwidth pada saat mendownload? Contoh, kita akan membatasi penggunaan bandwidth maksimal 50 Kb/s:

wget -c http://download.moxiecode.com/tinymce/tinymce_4.2.5.zip --limit-rate=50k

Itu saja beberapa peintah dasar yang sering saya gunakan ketika mendownload menggunakan wget. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi situs resminya dan baca dokumentasinya.

Sekian dan terima kasih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar