Selasa, 22 September 2015

Membuat Buku dengan Wikipedia

Tadi waktu baca-baca wikipedia, tiba-tiba saya menemukan hal baru (khususnya bagi saya). Yaitu membuat buku, yang isinya adalah artikel-artikel yang ada dalam wikipedia. Berhubung tidak ada bacaan di kos, kenapa tidak kita coba?

Setidaknya, kita bisa mengumpulkan artikel-artikel yang ingin kita baca akan tetapi kita tidak mempunyai waktu untuk membacanya pada saat itu juga. Akan tetapi kita menyusun artikel-artikel tersebut dalam sebuah e-book pdf yang bisa kita baca kapan saja di komputer.

Tidak perlu khawatir kebingungan dengan isi ebook yang mungkin akan ada banyak. Karena hasil ebooknya nanti sudah ada daftar isinya.

Sayangnya, yang masuk menjadi ebook hanyalah tulisannya saja. Gambar yang mungkin ada pada halaman wikipedia tidak disertakan pada ebook. Saya rasa itu untuk memperkecil ukuran ebooknya.
Ralat: Ketika saya mencoba cara ini pada wikipedia bahasa inggris (en.wikipedia.org), gambarnya berhasil muncul.

Untuk membuat ebook menggunakan wikipedia, yang harus kita lakukan adalah:
1. Masuk ke salah satu artikel yang ada di wikipedia, lalu cari dan klik buat buku pada bagian kiri artikel.
 2. Nanti halaman akan me-refresh. Setelah itu klik "Mulai pembuat buku"
 3. Sekali lagi, halaman mungkin akan me-refresh. Cari bagian pembuat buku seperti di bawah. Biasanya, berada di atas atau di bawah artikel.
 4. Jika halaman tersebut ingin kita tambahkan pada buku kita, maka klik "Tambahkan halaman ini ke dalam buku Anda". Tunggu sebentar, dan pada "Lihat buku" yang semula "(0 halaman)" akan bertambah menjadi "(1 halaman)". Jika kita tidak jadi menambahkan halaman tersebut ke dalam buku kita, maka klik "Singkirkan halaman ini dari buku Anda"
5. Kita tidak hanya bisa menambahkan satu per satu halaman saja. Akan tetapi, kita juga bisa menambahkan beberapa halaman artikel berdasarkan kategorinya. Untuk melakukannya, pergi ke kategori yang diinginkan.


Kemudian klik "Tambahkan kategori ini ke buku Anda". Nanti, jumlah halamannya akan bertambah sesuai dengan jumlah artikel yang ada pada kategori tersebut. Jika tidak jadi, silahkan klik "Singkirkan kategori ini dari buku Anda". Caranya mirip dengan yang menambahkan/menyingkirkan satu per satu.

6. Bila kita sudah selesai memilih halaman-halaman yang akan kita masukkan pada buku kita, maka klik "Lihat buku".

7. Nanti kita akan terdirect ke halaman lain. Isikan judul dan subjudul sesuai keinginan. Pilih paper size jika kita ingin mengubah ukuran kertas ebook kita. Pada Include a table of contents, kita biarkan auto saja. Pada Columns, kita sesuaikan dengan keinginan kita. Jika Columns bernilai 2, maka artikel yang ada pada ebook kita akan ditampilkan dalam dua kolom. Jika Columns bernilai 1, maka artikel yang ada pada ebook kita akan ditampilkan dalam satu kolom.
8. Silahkan klik tombol unduh untuk mendownload ebook yang tadi kita buat. Hasil ebook kita bisa kita sesuaikan, apakah pdf ataukan teks biasa. Di sini kita pilih saja Format : ebook. Yang nantinya akan menghasilkan file ebook pdf.
9. Setelah menekan tombol unduh, silahkan tunggu sampai proses pembuatan ebooknya selesai.
10. Jika sudah selesai, klik link "Unduh berkas" untuk mendownload file ebook yang tadi kita buat.
Setelah diunduh, silahkan buka dan baca ebook yang telah kita buat.
Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi https://id.wikipedia.org/wiki/Bantuan:Buku
Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar