Rabu, 16 September 2015

Contoh Aplikasi E-commerce YII2 Shop Samdark

Bagi kita yang sedang mencari referensi atau contoh web e-commerce, saya rasa bisa melirik aplikasi web "yii2-shop" yang dibuat oleh samdark. Silahkan ikuti link berikut untuk menuju halaman aplikasi tersebut di situs github.com.

Di sana sudah ada petunjuk cara pemasangannya pada komputer kita. Setelah terpasang, cara instalasinya agar contoh projek tersebut bisa digunakan sama dengan cara instalasi yii2 advance template.

Jika belum mengerti bagaimana cara instalasi yii advance template, saya sarankan ikuti tutorial sebelumnya di http://byabdillah.blogspot.com/2015/09/cara-menginstall-yii2-advanced-template.html.

Tapi, entah kenapa saya gagal memasang yii2-shop milik samdark tersebut menggunakan cara yang telah ada pada README.md. Yaitu pada INSTALATION, Install via Composer. Maka dari itu, saya memasangnya secara asal-asalan. Sayangnya, sepertinya berhasil.

Pertama kita menuju halaman yii2-shop buatan samdark pada situs github.com. Ini linknya.

Kemudian kita download projek tersebut. Caranya, cari dan tekan tombol Download Zip yang berada di sebelah kanan halaman.


Kemudian ekstrak hasil file yang telah kita download tadi dan rename dari "yii2-shop-master" menjadi "yii2-shop".

Setelah itu, pindah ke folder htdocs atau var/www/html.

Buka terminal, dan masuk ke direktori yii2-shop tadi.

cd /opt/lampp/htdocs/yii2-shop

Coba masukkan perintah

php init

Jika yang muncul nanti seperti ini:


Maka kita tinggal melanjutkan instalasinya seperti instalasi yii2 advance template.

Tapi jika yang terlihat tidak seperti gambar di atas, berarti ada masalah. Yang paling sering terjadi adalah error akibat laptop/komputer kita belum terinstall mcrypt. Cirinya adalah pada pesan error ada kata-kata "require mcrypt". Maka silahkan install mcrypt terlebih dahulu dengan memasukkan perintah:

sudo apt-get install php5-mcrypt

Jika mcrypt sudah terinstall, masukkan perintah:

sudo php5enmod mcrypt

Setelah itu, mcrypt benar-benar sudah terinstall.

Kemudian lakukan instalasi "yii2-shop" seperti instalasi yii2 advance template.

Tapi, kok waktu buka http://localhost/yii2-shop/frontend/web/index.php atau http://localhost/yii2-shop/backend/web/index.php muncul error? Atau waktu yii migrate muncul error?

Coba lihat folder projek kita tadi, apakah ada folder vendor? Percobaan pertama saya, ada folder vendornya. Tapi, pada percobaan ke dua dan ke tiga, kok tidak ada folder vendor ya? Maka dari itu, saya copy folder vendor dari projek percobaan pertama ke dalam folder projek ke dua dan ke tiga. Aha! Berhasil!

Kalau ada butuh folder vendor-nya, silahkan download di sini.

Setelah mendownload folder vendornya, pindah hasil ekstrakan tersebut ke dalam folder yii2-shop. Jika sudah, coba buka:

http://localhost/yii2-shop/frontend/web/index.php

http://localhost/yii2-shop/backend/web/index.php

Di halaman frontend mungkin terlihat gitu-gitu aja, karena kita belum menambahkan kategori atau produk apapun. Kita dapat menambahkan kategori ataupun produk pada backend-nya.

4 komentar: