Rabu, 30 September 2015

Setting Awal Mikrotik

Sedikit yang saya pelajari, tentang setting awal mikrotik.

1. Pilih Interface, kemudian pilih dan tekan tombol C untuk memberi nama ethernet yang di pilih. Di sini saya akan memberi nama ethernet1 wan, karena ethernet1 merupakan penghubung dengan internet. Lalu ethernet2 server, karena merupakan penghubung dengan server, dan terakhir ethernet5 hotspot karena sebagai pembagi layanan melalui hotspot.

2. Pilih IP kemudian addresses, beri IP pada ethernet yang terhubung ke server dan hotspot. Kita setting IP 192.168.1.1/24 untuk ethernet2 (server) dan IP 192.168.2.1/24 untuk ethernet5 (hotspot). Untuk ethernet sumber internet atau ethernet1 (wan) tidak perlu diberi IP.

3. Pilih System, kemudian NTP Client. Akan ada checkbox enable, silahkan di centang. Lalu pada inputan yang tersedia, masukkan IP 119.82.234.189 dan 198.123.30.132. Itu adalah IP default.

4. Pilih System, lalu Clock. Sesuaikan dengan waktu, tanggal dan time/zone kita. Karena kita di Waktu Indonesia Barat, maka isi time/zone dengan Asia/Jakarta.

5. Pilih IP, kemudian pilih DHCP Client. Add atau klik tombol +, lalu pilih ethernet yang menjadi sumber internet, di sini saya ethernet1 jadi saya pilih ethernet1, lalu klik apply kemudian ok.

6. Pilih IP, kemudian DHCP Server. Pilih tombol DHCP Setup, isikan ether5 atau ether untuk hotspot, lalu next sampai selesai.

7. Pilih IP, kemudian DNS. Centang allow, kemudian klik apply dan ok.

8. Pilih IP, kemudian Firewall, Pilih tab NAT, klik add atau tombol +, Pastikan chain nilainya srcnat. Lalu klik Out Interface, lalu pilih ethernet sambungan internet, jadi saya pilih ethernet1. Lalu klik tab Action, lalu ubah nilai pada dropdown text menjadi masquerode.

9. Pilih IP, kemudian Hotspot. Pilih tombol Hotspot Setup, isi dengan ethernet5 atau ethernet untuk hotspot. lalu isi dns name dengan nama hotspot kita. contoh rpl.net. lalu jika ada pilihan username dan password isi admin. Lalu next sampai selesai.

10. Pastikan settingah IP kita menggunakan DHCP (automatic). Buka browser, isikan pada url nama DNS yang sudah kita buat sebelumnya. Kemudian jika berhasil, akan muncul tampilan login. Isi dengan username dan password yang telah kita isikan pada saat setup hotspot tadi. Jika kita berhasil login, silahkan coba sambungan internetnya dengan mengunjungi halaman Google.com. Jika berhasil, berarti settingan dasar mikrotik kita sudah berjalan dengan lancar. Adapun settingan yang lebih bagus dapat kita tambahkan nanti.

Sekian...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar