Jumat, 04 September 2015

Dasar YII2 : Membuat CRUD Dengan GII

Yahoo... Selamat datang. Kali ini kita akan belajar bersama membuat CRUD pada YII dengan menggunakan GII. Eh? GII itu apaan? Singkatnya, GII adalah script generator yang ada pada YII. Jadi, kita tinggal tulis tulis tulis dan klik klik lalu jadi deh. Entah itu Model, Controller, CRUD sampai Extension. Tertarik?

Di sini kita akan membuat CRUD berdasarkan database yang sudah ada. Jadi, pertama-tama buat database dengan nama yii2basic dan tabel dengan nama siswa dengan ketentuan seperti ini :



Setelah itu buka http://localhost/basic/web/index.php?r=gii (basic diganti dengan nama folder projek kita ya). Nanti akan muncul tampilan seperti ini :

Di gambar kok url-nya beda? Itu karena folder projek saya kali ini bukan basic tapi yii. Tapi, sama aja kok. Kemudian klik tombol start yang ada di bawah tulisan Model Generator. Sehingga nanti akan mucul tampilan seperti ini:

Pada Table Name isikan nama tabel yang tadi telah kita buat. Isi pake huruf kecil aja ya. Nanti, Model Class akan otomatis terisi. Jika tabel yang kita gunakan mempunyai relasi dengan tabel lain, maka Generate Relation harus dicentang ya.

Setelah itu, tekan Preview. Lho? Kok tidak terjadi apa-apa sih? Yang bener? Coba scrool ke bawah, nanti akan kelihatan seperti ini :

Tekan Generate. Lalu lihat (kalau tidak kelihatan, scrool ke bawah) apakah sudah berhasil atau belum. Kalau berhasil, nanti seperti ini :

Kalau ada error, coba ubah Permission dari folder aplikasi kita menjadi 777, dengan kata lain siapapun boleh liat, ngedit, ngapus.

Setelah berhasil, tekan tombol CRUD Generator yang ada di kiri atas. Dan isi Model Class dengan app\models\Siswa, Search Model Class dengan app\models\SiswaSearch, Controller Class dengan app\controllers\SiswaController dan View Path dengan @app/views/siswa.


Model Class adalah model yang digunakan oleh CRUD. Search Model Class adalah model yang digunakan untuk pencarian data pada CRUD. Controller Class adalah controller yang digunakan CRUD. View Path adalah alamat CRUD. @app/views/siswa berarti membuat folder baru (siswa) di dalam folder views.

Saya pernah mengisi View Path dengan app/views/siswa dan hasilnya justru membuat folder app di dalam folder views.

Tekan tombol Preview, setelah itu mungkin akan kelihatan seperti ini :


Kalau ada  diff  itu berarti file sudah ada dan coba tekan  diff  untuk melihat perbedaan antara yang sudah ada dan yang akan dibuat oleh gii. Centang saja (berarti di-overwrite) dan tekan tombol Generate. Jika tidak ada error, berarti CRUD sudah berhasil di buat.

Jika CRUD sudah berhasil kita buat, bagaimana kita mengaksesnya? cukup buka url http://localhost/basic/web/index.php?r=siswa (basic disesuaikan dengan nama folder projek kita), nanti hasilnya akan seperti berikut :

Silahkan diisi, diubah dan dihapus.

Tambahan:
Jika kita menggunakan YII 2 yang Advance, kita bisa menggunakan GII pada backend maupun frontend. Seandainya kita membuat model ataupun CRUD pada backend, saya sarankan ubah name space dari "app\models\***" menjadi "backend\models\***". Begitu juga yang frontend, ubah menjadi "frontend\models\***" . Agar lebih mudah membedakan model dan crud backend dan frontend.

Sekian dan terima kasih... Silahkan bertanya jika ada yang kurang anda pahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar