Jumat, 21 Agustus 2015

Membuat Template Bootstrap Tanpa Coding 2 Menit

Jika kalian sudah berkecimpung dalam dunia coding website terlebih seorang desainer web pasti sudah akrab dengan yang namanya template website. Karena pekerjaan utama seorang desainer web (yang saya tahu) adalah membuat desain-desain template. Tidak mungkin kita menggunakan satu template untuk berbagai website yang kebutuhan dan fungsi-nya beragam. Untuk itulah, diperlukan sorang desainer web yang handal guna menyesuaikan template suatu web dengan fungsinya.

Ngomong-ngomong, template itu apa sih? Ada yang tahu?

Mungkin agak susah ya? Atau ada yang tahu tapi tidak bisa jelasinnya? Itu mah sama aja. So, template web adalah tampilan web (that's my opinion). Kalau tidak yakin dengan jawaban saya, silahkan tanya mbah google.

Jadi inget waktu awal-awal belajar html. Waktu disuruh buat layout sederhana pake tabel, terus buat layout pake div ama css, disuruh buat form, setelah beberapa lama belajar css kemudian disuruh buat website statis tentang diri sendiri. Masih ingatkah dengan masa-masa itu? Nostalgia, stop!

Bagi sebagian besar programmer web (terlebih yang belum ahli), membuat template web adalah salah satu hal yang banyak menyita waktu, tenaga dan pikiran. Mulai dari mikir layout-nya gimana, warnanya apa dan fiturnya apa aja? Saya-pun masih begitu sampai ... tadi. Sekarang sudah tidak lagi.

Peringatan penting!

Apa yang akan saya sampaikan, berkaitan dengan css framework bootstrap. Jadi, silahkan pelajari bootstrap (tidak perlu sampai ahli, yang penting ngerti) terlebih dahulu.

So, bagaimana cara membuat template bootstrap tanpa coding yang saya maksud? Silahkan simak dengan serius!

1. Hal pertama yang anda perlukan adalah "satu set komputer" atau laptop atau netbook dan juga akses internet. Karena apa yang akan saya sampaikan ini mengharuskan anda sekalian untuk terhubung ke-internet.
2. Buka situs www.layoutit.com, silahkan daftar kalau perlu(kalau gak perlu, ya gak usah).
3. Jika anda sekalian baru pertama kali kesini, saya sangat  menyarankan untuk melihat video demo terlebih dahulu (klik tombol watch a demo) dan akan terlihat video demo dari youtube.com. Silahkan tonton langsung atau download.
4. Jika sudah melihat video tersebut, silahkan bereksperimen membuat template bootstrap dengan meng-klik tombol start now.
5. Silahkan bereksperiment. Untuk awal mula, saya perkenankan meniru apa yang ada di video tersebut.
6. Tekan tombol preview yang ada di atas untuk melihat hasil template anda.
7. Jika anda sudah puas dengan template yang anda buat, silahkan klik tombol download untuk menyimpan template yang telah anda buat tadi.

Kecepetan? Atau bingung sama fitur-fiturnya? Karena itu saya sarankan untuk belajar bootstrap terlebih dahulu. Kalau kalian sudah bisa bootstrap, maka tentu tidak akan sulit untuk memahami alur kerja pembuatan template instant dengan layoutit.com

Note :
Jika anda sudah terbiasa, maka bukan tidak mungkin anda bisa membuat template website hanya dalam waktu 30 detik.

Sekian dan terima kasih!
Kalau ada pertanyaan, silahkan komen aja.

2 komentar: