Sabtu, 15 Agustus 2015

Memasang Google Custom Search Engine

Pernahkah kalian melihat sebuah kotak pencarian di sebuah situs? Biasanya kotak pencarian tersebut sudah ada pada template web yang kita gunakan. Tapi, bagaimana kalau ternyata template yang kita gunakan tidak memiliki fitur tersebut? Pencarian kan termasuk fitur yang lumayan penting. Seandainya kita lupa alamat salah satu halamannya, gimana kita mau nyari? Iya tidak?

Jangan khawatir. Ada sebuah cara yang bisa kita gunakan untuk membuat pencarian di dalam website atau blog kita tanpa harus repot-repot membuatnya secara manua. Yaitu Google CSE(Custom Search Engine), yang merupakan mesin pencari namun dapat di sesuaikan hanya untuk situs atau alamat tertentu. Dan tentu saja bentuk dan tampilannya mirip Google.

Misalnya saya mempunyai blog dengan alamat byabdillah.blogspot.com dan saya memasang Google CSE. Ketika seseorang mengunjungi blog saya dan melakukan pencarian menggunakan Google CSE yang disesuaikan, maka yang akan tampil adalah hasil yang berasal dari blog saya.

Timbul, pertanyaan. Bagaimana kita memasang Google CSE?

Pertama-tama, masuk ke halaman Google CSE di http://cse.google.co.id/. Kemudian tekan tombol Masuk Ke Mesin Telusur Khusus.


Setelah itu mungkin kita akan disuruh login terlebih dahulu. Loginnya menggunakan akun google kita aja. Bagi yang belum punya akun google, buat dulu ya.

Setelah halaman selanjutnya muncul, isikan url blog atau website kita pada inputan seperti gambar dibawah





Sebagai contoh, saya akan memasukkan url blog saya.
Oh iya, kita juga bisa memasukkan beberapa url blog yang berbeda lho.

Kemudian pilih bahasa. Standarnya English, tapi kalau tidak biasa English pilih Bahasa Indonesia aja. Jangan lupa, kasih nama pada mesin telusur.

Setelah itu tekan tombol Buat.

Lalu akan muncul pesan selamat
Tekan tombol Dapatkan kode, dan kita akan terdirect menuju halaman lain.
Copy script yang ada di dalam tempat yang abu-abu itu dan salin di  widget blog atau di website kita.

Karena kita belum mengubah tampilan, Google Custom Search akan terlihat seperti ini
Kalau ingin merubah tampilannya, Pilih nama dari google cse yang telah kita berikan tadi. Kemudian pilih Tampilan dan nuansa.


Lalu kita bisa mulai merubah tampilan Google CSE kita. Beberapa pilihan yang bisa kita gunakan adalah :
Untuk Tema, terdapat 7 tema yang tersedia.
Silahkan gunakan yang menurut kalian paling cocok. Kalau tidak ada yang cocok, silahkan pilih tab sesuaikan. Dengan ini, kita bisa menyesuaikan warna-warna yang digunakan pada Google CSE.
Yang paling penting, jika sudah merasa cocok dengan pilihan kita. Tekan tombol Simpan & Dapatkan Kode untuk mendapatkan script-nya. Lalu salin ke blog atau website kalian.

Note: terkadang, style Google CSE menjadi berantakan karena terpengaruh oleh template yang kita gunakan.

Sekian saja ya, kalau ada yang mau nanya tinggal komen. Tapi jangan gaduh. Bye~


1 komentar: