Senin, 31 Agustus 2015

(Pengalaman) Membuat Template CMS Lokomedia

Hari ini kita tidak akan membahas tentang cara membuat template untuk CMS Lokomedia. Khusus hari ini, saya ingin berbagi pengalaman (plus curhat dikit) setelah berhasil membuat template untuk CMS Lokomedia. Mungkin lain kali saja saya akan membagikan tutorial membuat template CMS Lokomedia. Karena jujur saja, lumayan melelahkan juga membuat template Lokomedia.
Mari kita awali cerita ini dari hari sabtu kemarin. Hari itu, kami diminta oleh pembimbing (mbah Suro) untuk membuat template Lokomedia. Kalau belum mampu untuk membuat template, mengobrak-abrik template yang udah ada juga tidak masalah. Karena yang terpenting itu kami bisa mempelajari struktur dan cara kerja dari CMS Lokomedia. Sejak saat itu, dimulailah misi kami.

Mbah sudah memberikan beberapa referensi, termasuk template yang bisa digunakan sebagai template lokomedia. Tapi, saya lebih tertarik untuk membuat template berdasarkan template Sandbox buatan Ahmad Nugraha. Karena kelihatannya lebih simpel.

Hal yang pertama kali saya pelajari adalah struktur template itu, dan... Wah! Ada banyak library javascript yang digunakan. Ternyata alur kerja template ini adalah memanggil bagian-bagian yang sudah dibuat sebelumnya di dalam tempate.php. Biar lebih mudah buat ngedit kalau ada error kali ya. Selain itu... Ini saya saja, atau membuat template ini rasanya seperti membuat website yang udah ada databasenya?

Jadi, hari sabtu saya menyelidiki struktur template sandbox lokomedia dan juga coding sedikit. Waktu itu saya putuskan untuk membuat template menggunakan bootstrap dan w3.css. Biar enggak terlalu pusing mikirin desainnya. Intinya, layout dan tampilan menggunakan bootstrap dan sedikit sentuhan dengan w3.css. Meski begitu, ada tambahan css sedikit dari saya sendiri agar lebih sesuai dengan gambaran saya. Tidak lupa saya membuat menu navigasinya.

Hari minggu liburan, jadi lanjut ke hari senin.

Hari senin (hari ini), saya melanjutkan coding template lokomedia saya. Sebenarnya, bisa dibilang saya ngedit template sandbox saja. Karena konsep dan query yang digunakan untuk menampilkan datanya saya ambil dari sana. Hanya saja, untuk tampilan dan objek yang digunakan berbeda. Jujur saja, meskipun saya bilang cuma ngedit, tapi tetep capek juga. Kita harus teliti dalam menyesuaikan script yang saya gunakan.

Hingga siang, akhrnya saya berhasil juga. Agak kurang puas sih, sebenarnya. Tapi, lumayan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar